Obati Sendiri Jerawat Anda | Apotek F21

Swamedikasi jerawat sebenarnya berlaku untuk kasus-kasus ringan dan tidak terlalu berat. Pengobatan untuk kondisi yang lebih serius , sebaiknya di bawah pengawasan dokter spesialis kulit, sehingga bisa menggunakan resep untuk obat-obat yang sifatnya lebih keras dan ampuh.

Misalnya dalam kasus , jika timbul komedo yang banyak disertai peradangan parah yang tidak mempan jika diobati dengan obat-obat jerawat (acne) yang dijual bebas di apotek.



Jadi, Obat-obat apa saja yang layak untuk swamedikasi jerawat (acne)?

1. Jerawat dengan peradangan ringan.

Jenis kasus ini bisa diobati sendiri dengan krim atau lotion bebas yang mengandung salisilat atau resorsin ( Verile Acne Gel, Acnes Gel) atau Belerang (Acnol lotion, Acne Feldin Lotion, Elkadin Acne). Sediaan obat dalam bentuk lotion lebih efektif daripada krim atau salep dikarenakan kandungan alkoholnya yang memperkuat efek mengeringkan terhadap jerawat.

Cara penggunaan obat luar ini baik sediaan krim atau lotion sebaiknya pagi dan malam hari sebelum tidur. Sediaan dalam bentuk belerang biasanya dapat membuat hitam benda-benda yang terbuat dari perak.

2. Jerawat dengan peradangan sedang.

Biasanya muncul banyak komedo sehingga akan lebih efektif diobati dengan benzoylperoksida (Benzolac 2,5%). Pada awalnya harus dioleskan dengan perlahan 1 kali tiap hari dikarenakan sifat iritasinya terhadap kulit. Jika tidak menimbulkan efek negatif bisa ditingkatkan penggunaannya 2 kali tiap hari. 

Jika krim 2,5 % kurang mempan dan efektif, kadarnya dapat ditingkatkan sampai 10% yang dapat dibeli sebagai sediaan jadi apotek (Benzolac 5%). Seringkali dilakukan pengobatan kombinasi, misalnya dengan gel benzoylperoksida (BP) pada siang hari dan lotion salisilat atau resorsin pada malam hari. 

Untuk jerawat dengan banyak komedo dan hanya sedikit peradangan , dokter dapat memberikan resep obat tretinoin krim ( trentin 0,1%, nuface 0,05%, tracne 0,05%) yang biasanya efektif untuk mengurangi jumlah komedo .

Jerawat dengan peradangan yang membandel terhadap BP dan tretinoin seringkali dapat diredakan dengan lotion Clindamisin(Mediklin,Clinium,Cindala) atau Eritromisin (Erymed) 2 kali sehari selama 3 sampai 4 minggu. Bila setelah 4 minggu tidak mcul perbaikan yang signifikan, kemungkinan terjadi kekebalan kuman (resistensi) dan pengobatan harus dihentikan segera. 

Pada peradangan yang hebat, dokter dapat memberikan antibiotik secara oral, yaitu Tetrasiklin (Tetrin, Conmycin,dll) 4 kali sehari 250 mg, jika terjadi perbaikan tanpa efek samping atau efek negatif bisa dikurangi menjadi 1 sampai 2 kali sehari dengan dosis 250 mg.

Antibiotik yang diresepkan dokter bisa juga turunan dari Tetrasiklin dengan kerja panjang seperti Doksisiklin (Doxicor, Dumoxin, Interdoxin,dll) atau Minosiklin , dimana keduanya dikonsumsi satu kali sehari saja karena kerjanya yang panjang.

Untuk wanita dengan jerawat yang agah parah dapat diberikan pil KB Marvelon, dan bila belum mempan, bisa dengan pil Diane. Pada jenis acne atau jerawat yang sangat hebat dan bandel, bagi dokter spesialis kulit masih tersedia kapsul Isotretinoin.

Pemberian obat ini pada wanita usia produktif dalam masa subur harus dilakukan bersamaan dengan tindakan pencegahan kehamilan (kontrasepsi) karena zat ini bersifat mengganggu  pertumbuhan janin (teratogen)

0 Response to "Obati Sendiri Jerawat Anda | Apotek F21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel