Mengobati Perut Kembung - Swamedikasi | Apotek F21

Perut kembung seringkali diakibatkan terlampau banyak gas dalam lambung dan usus (saluran cerna) dengan gejala sering bersendawa dan buang angin (red, kentut atau flatus). Penyebab utama hal ini dikarenakan pada cara dan pola makan yang kurang tepat, yaitu ritme makan yang terlalu cepat (kurang frekuensi mengunyah) sehingga banyak udara yang ikut tertelan.

Sebab lain diantaranya terlalu sering mengunyah permen karet (bubble gum) atau minum-minuman yang mengandung gas (soda atau berkarbonasi). Beberapa kasus, perut kembung juga disebabkan karena terlalu sering melakukan gerakan menelan secara tidak sadar, terutama terjadi pada orang yang lekas gugup atau pada situasi tegang (nervous).



Dengan banyaknya udara yang ditelan, jumlah gas dalam lambung akan meningkat, demikian juga tekanan pada sfingter kerongkongan. Gas yang berlebihan ini akan berusaha keluar melalui jalan ke atas atau ke bawah sehingga mengakibatkan sering bersendawa (beberapa kasus refluks atau GERD) atau buang angin (flatus).

Pada beberapa kasus kentut juga disebabkan oleh aktifitas dari bakteri tertentu dalam usus. Perut kembung juga bisa dikarenakan oleh kekurangnan enzim pankreas sehingga pencernaan berlangsung kurang baik. Gangguan cerna ini akan kami bahas di artikel tersendiri.



Apa yang harus dilakukan jika timbul gejala perut kembung?

Untuk mengurangi pembentukan gas berlebih, perlu untuk menjauhhi faktor-faktor pencetus yang telah dijelaskan di atas.  Dengan makan secara perlahan tidak terburu-buru dan mengunyahnya dengan baik sebelum menelan makanan, tidak mengunyah permen karet dan sejenisnya atau minum-minuman berkarbonasi.

Cobalah menghindari minum saat makan dan minumlah secara perlahan. Merokok juga akan menstimulasi produksi air liur (saliva) dan liur berlebihan akan meningkatkan frekuensi menelan sehingga meningkatkan volume udara yang tertelan.

Swamedikasi gangguan pencernaan perut kembung.

Pengobatan sendiri dengan obat-obat bebas untuk perut kembung dilakukan dengan suatu zat yang berkhasiat merendahkan tekanan permukaan. Dengan demikian gelembung-gelembung gas kecil yang berjumlah besar di dalam lambung dan usus (gastrointestinal) dapat mengalir bersama menjadi satu gelembung besar.

Hal ini berarti bahwa penderita tidak harus buang angin berkali-kali karena hal ini pasti membuat tidak nyaman, sehingga dengan sekaligus semua udara dapat dikeluarkan. Obat yang khusus digunakan adalah dimetikon  (dimetilpolisiloksan)  dan  simetikon (disflatyl).

Seringkali dimetikon terkombinasi dengan antasida yang terdiri dari magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, magnesium trisilikat (Promag, Mylanta, polycrol, polysilan, plantacid, anflat,triocid, dll).

Zat-zat anti gas ini tidak diserap oleh usus, juga bersifat indiferen (tidak bereaksi dengan zat-zat lain). sehingga tidak mempengaruhi absorpsi dari obat-obat lain yang diminum bersamaan dengan obat jenis ini atau juga makanan.

Oleh karenanya, obat golongan ini boleh diminum oleh ibu-ibu hamil dan menyusui. Setelah ditelan , kerja dari obat anti gas ini sangatlah cepat.

Demikian Swamedikasi perut kembung dengan gejala banyak sendawa dan buang angin ini. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Mengobati Perut Kembung - Swamedikasi | Apotek F21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel