Mengatasi Gangguan Pencernaan dengan Swamedikasi | Apotek F21

Kadang terjadi proses pencernaan terganggu (indigesti) karena kurangnya empedu atau enzim-enzim tertentu untuk menguraikan makanan, khususnya pankreatin dari pankreas. Getah ini mengandung enzim diantaranya lipase, protease, dan amilase yang berfungsi menguraikan lemak, protein, dan amilum (pati).

Kekurangan enzym ini dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain, radang pankreas, atau tersumbatnya pipa penyaluran getahnya.

Gejala dari gangguan pencernaan karena kekurangan enzym ini dapat berupa perasaan penuh, perut kembung, dan juga diare, sedangkan feses tampak sisa-sisa makanan yang tak tercernakan. Seringkali nafsu makan berkurang dan berat badan menyusut.



Swamedikasi gangguan cerna ini dapat dicoba dengan bermacam-macam zat untuk memperbaiki pencernaan (digestiva), yang dapat dibeli bebas dan kebanyakan terdiri dari enzim-enzim pankreas (pankreatin), antara lain Elsazym, Pankreon, Cotazym,dll.

Untuk memperluas kerjanya seringkali ditambahkan enzim-enzim lain seperti (hemi)selulase yang dapat mencernakan (hemi)selulosa dari serat-serat gizi, kombinasi dengan bromelain yang bekerja efektif dengan zat putih telur (albumin), diantaranya Benozym,

Kombinasi yang sering dijumpai adalah sediaan serbuk atau ekstrak temu lawak (Curcuma Xanthorrhiza), yang berkhasiat memicu produksi empedu, diantaranya Fortizym, Librozym. Demikian pula dengan empedu sapi (Cotazym Forte, Fortizym) atau dengan dimetikon (Vitazym, Xepazym,dll).

Perlu menjadi perhatian untuk Anda , Jika keluhan-keluhan tidak kunjung reda dengan obat-obat tersebut diatas dalam waktu beberapa minggu, kemungkinan besar pankreas dalam kondisi sakit begitu pula hati atau kandung empedu.

Untuk lebih lanjut konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

0 Response to "Mengatasi Gangguan Pencernaan dengan Swamedikasi | Apotek F21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel