Cara Mengurangi Timbulnya Jerawat dan Mencegah Jerawat Semakin Memburuk | Apotek F21

Bagi remaja yang memasuki masa pubertas, pencegahan timbulnya jerawat agar tidak semakin meluas perlu dilakukan bahkan mencegah timbulnya jerawat di masa pubertas ini bisa dikatakan sangat tidak mungkin.



Masa pubertas, waktu dimana seluruh kelenjar-kelenjar tubuh sedang aktif secara maksimal, Disamping itu, diperkirakan bahwa faktor keturunan juga memegang peranan masalah timbulnya jerawat. Tetapi ada beberapa tindakan dan upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya jerawat atau mengurangi tingkat keparahannya.



1. Makanan.

Makanan berlemak sering dijadikan tersangka penyebab timbulnya jerawat, seperti gorengan, daging babi, keju, coklat dan kacang-kacangan. Memang terdapat beberapa kasus, orang yang setelah makan makanan tersebut, jerawatnya semakin memburuk.

Tetapi kaitan dan hubungan interaksi antara lemak dan jerawat masih memerlukan peneliatian lebih lanjut bahkan beberapa ahli kulit (dermatologis) belum meyakini akan hal ini, karena penelitian-penelitian dengan makanan tersebut tidak memperlihatkan meningkatnya produksi Talg/Sebum.

Namun demikian, masing-masing penderita sebaiknya memperhatikan dan mempelajari dari pengalaman sebelumnya. Hendaknya dicatat makanan apa saja yang dapat meningkatkan timbulnya jerawat untuk dihindari. Sangat dianjurkan bagi Anda yang berjerawat untuk memperbanyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan.

2. Kosmetik.

Saat Jerawat mulai timbul, sebaiknya Anda tidak menggunakan make-up terlebih dahulu, khususnya krim dan bedak karena produk-produk kosmetik tersebut dapat menyumbat pori-pori kelanjar Talg, sehingga jumlah komedo akan bertambah. Cobalah hindari produk kosmetik yang berlemak seperti emulsi atau berbahan dasar minyak (oil based).

3. Obat-Obatan.

Menurut penelitian, obat-obat tertentu dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat. misalnya obat Fenitoin, Luminal, Vitamin A dalam kadar tinggi, steroida, dan INH. Waspadai juga zat yang mengandung garam Iodida dan Bromida karena dapat menimbulkan jerawat, terutama pada Anda yang mempunyai kecenderungan untuk gangguan kulit ini.

4. Stres.

Semaksimal mungkin jauhkan diri Anda dari ketegangan emosional, karena faktor-faktor kejiwaan ini dapat mempengaruhi timbulnya jerawat.

Selain menghindari faktor-faktor pencetus timbulnya jerawat, diperlukan tindakan dan kebiasaan yang hygienis atau menjaga kebersihan, diantaranya

1. Mencuci muka dengan teratur.

Pada umumnya pada kasus kulit berminyak adalah salah satu penyebab dari timbulnya jerawat. Jenis kulit ini harus selalu menjaga kebersihan dan mengontrol jumlah minyak di permukaan kulit.

Jagalah kebersihan kulit dengan rajin membersihkan kulit Anda minimal 3 kali sehari dengan air hangat dan sabun yang lembut untuk menghilangkan lemak berlebihan dari permukaan kulit. Kemudian kulit dikeringkan dengan hati-hati dengan handuk yang bersih dan kering.

2. Tidak memijat jerawat.

Hindari memencet, menggaruk dengan jari tangan, karena hal tersebut seringkali merusak kulit dan memungkinkan terjadinya infeksi selain itu juga akan meninggalkan bekas luka atau bopeng di permukaan kulit. Kelenjar-kelenjar Talg juga bisa pecah sehingga Talg/Sebum akan menyebar di bawah kulit dan reaksi peradangan akan semakin bertambah luas.

Demikian cara yang efektif untuk mengurangi timbulnya jerawat dan mencegah jerawat semakin memburuk. Semoga Bermanfaat.


0 Response to "Cara Mengurangi Timbulnya Jerawat dan Mencegah Jerawat Semakin Memburuk | Apotek F21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel